Monday 29 August 2016

PENGETAHUAN SURVIVAL

Kata survive mempunyai arti bertahan, Sedang survival sendiri mempunyai arti bertahan hidup, dalam dunia penggiat alam bebas Survival adalah suatu kondisi yang tidak menentu yang dihadapi oleh seorang atau sekelompok orang pada suatu daerah tertentu shingga dia dituntut agar dapat mempertahankan kehidupannya dan keluar dari keadaan tersebut. Orang yang melakukan survival biasa disebut dengan survivor.
Ada pula yang memaknai bahwa kata SURVIVAL merupakan huruf awal dari rangkaian beberapa keadaan yang harus dilakukan oleh penggiat alam. Kata-kata tersebut dimaknai seperti di bawah ini:
S     =  Sadar bahwa dalam keadaan darurat
U    = Usahakan agar tetap tenang
R    = Rasa takut dan putus asa hilangkan
V    = Vitalitas tingkatkan
I      = Ingin tetap hidup dan selamat tujuannya
V    = Variasi alam dapat dimanfaatkan
A    = Asal Mengerti, Berlatih dan tahu canya
L     = Lancar dan selamat.
Survival merupakan kehidupan dengan waktu mendesak, kita harus mampu melakukan improvisasi yang dengan cepat. Dalam kondisi survival tantangan yang sangat dominan adalah sikap mental atau psikologis untuk mencari kebutuhan tubuh dan untuk memperolehnya dibutuhkan gagasan-gagasan dengan dasar pertimbangan dari pengalaman atau pendidikan yang pernah diikutinya, pengalaman hidup dengan resiko tinggi dan aktivitas menantang terbukti dapat membuat orang belajar untuk berbuat yang lebih baik dan melakukan adaptasi efektif. Dalam survival diperlukan pemahaman terhadap kondisi dan kebutuhan tubuh, bukan mutlak mengerti secara fisik tetapi memahami reaksi atau dampak akibat pengaruh lingkungan. menggunakan pengetahuan dalam usaha mengatur diri saat keadaan darurat adalah kunci dari survival. Pengaturan disini adalah memelihara ketrampilan dan kemampuan untuk mengontrol diri dan kemampuan memecahkan masalah, Memahami jenis kebutuhan hidup yang menjadi prioritas sangat menguntungkan didalam situasi ini.
Dalam kondisi survival hal pokok yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan STOP. Yang mempunyai arti seperti ini:
S       = Stop and Seating/ Berhenti dan duduklah
T       = Thingking/ Berpikirlah
O       = Observe/ Amati Keadaan sekitar
P       = Planing/ buatlah rencana mengenai tindakan yang akan dilakukan

baca juga Peralatan Survival

1 comment:

  1. terimakasih atas postingan sedulur.,
    sangat membantu saya untuk mengetahui SURVUVAL.,
    hehehehe saya masih awam dan baru mendalami masalah ini...

    ReplyDelete